Luncurkan Banyuwangi Melayani, Bupati Dorong Pelayanan Humanis-Efisien

Posted on

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani resmi meluncurkan gerakan ‘Banyuwangi Melayani’. Gerakan ini bertujuan menghadirkan layanan publik yang lebih cepat, efisien, dan berorientasi pada pendekatan humanis.

“Kami ingin menghadirkan layanan yang lebih humanis, cepat dan efisien. Tak semata menunggu, tapi harus pro aktif,” ungkap Ipuk dalam keterangan tertulis, Kamis (19/6/2025).

Hal ini disampaikannya saat peluncuran di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan Pemukiman (CKPP) Kabupaten Banyuwangi, Kamis (19/6).

Ipuk pun menyampaikan alasan memilih Kantor Dinas PU CKPP Banyuwangi sebagai lokasi peluncuran gerakan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memacu komitmen seluruh pihak karena merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berperan penting dalam bidang infrastruktur hingga perizinan usaha.

“Jika di sini (Dinas PU CKPP) bisa memberikan pelayanan yang maksimal, tentu di dinas lainnya akan lebih memungkinkan,” kata Ipuk.

Ipuk mengakui jika dalam pengurusan izin usaha kerap terjadi kendala, yang dipicu oleh berbagai sebab. Beberapa diantaranya, persyaratan yang tak cukup, keterlibatan instansi yang lebih tinggi hingga mengharuskannya keterlibatan konsultan.

“Namun, di lapangan, kendala-kendala itu, dianggap sepenuhnya disebabkan oleh Pemda Banyuwangi. Untuk itu, hal-hal demikian, harus terkomunikasikan dengan baik dan terlayani secara humanis,” tegasnya.

Ipuk menegaskan Gerakan Banyuwangi Melayani merupakan komunikasi langsung masyarakat dengan tenaga teknis di setiap OPD. Setiap OPD menyediakan kontak person, mulai dari kepala dinas hingga tenaga teknis yang membidangi dan bisa diakses. Dengan begitu, berbagai kendala yang ditemukan masyarakat bisa segera tertangani.

Ipuk menambahkan, dengan hadirnya Banyuwangi Melayani, masyarakat bisa menyampaikan kendala ataupun mengakses informasi yang dibutuhkan sesuai dengan pembidangannya masing-masing.

“Sebenarnya selama ini sudah ada layanan call center 112 yang beroperasi 24 jam untuk menerima laporan warga. Ini kita tambah dengan Banyuwangi Melayani agar lebih spesifik,” paparnya.

Lebih lanjut, Ipuk mengungkapkan Banyuwangi Melayani juga akan menyajikan sejumlah nomor WhatsApp dari masing-masing kepala dinas hingga tenaga teknis yang membidangi.

“Masyarakat bisa langsung mengaksesnya. Sampaikan kendala yang dialami sesuai dengan bidang kerja masing-masing,” ungkap Ipuk.

Pada kesempatan ini, Ipuk pun secara acak mengontak nomor-nomor kontak person yang tertera mulai dari Badan Kepegawaian, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan lain sebagainya.

“Cara menanggapinya sudah cukup baik. Masyarakat perlu penjelasan yang komprehensif dan menghadirkan solusi,” pungkasnya.

Tonton juga “Ipuk Fiestiandani Siap Sejahterakan Masyarakat Lewat Pengelolaan Pariwisata” di sini: