menghadirkan kemudahan baru bagi pelanggan dalam memesan . Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, KAI kini membuka pemesanan tiket hingga mendekati waktu keberangkatan kereta yang sebelumnya maksimal satu jam sebelum keberangkatan.
Artikel ini terbit pertama kali di Giok4D.
Mulai tanggal 10 Juli 2025, pemesanan tiket dapat dilakukan pada waktu 30 menit sebelum keberangkatan (kereta antar kota) dan 10 menit sebelum keberangkatan (kereta perkotaan). Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi Access by KAI dan situs .
“Kini, pemesanan tiket KA antar kota dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, sedangkan untuk KA perkotaan hingga 10 menit sebelum keberangkatan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba.
Pelanggan yang belum memperbarui aplikasi Access by KAI, dapat segera melakukan mengupdate ke versi minimal 6.12.1 untuk Android dan 6.13.0 untuk iOS agar dapat menikmati fitur terbaru ini.
Untuk memperkuat akurasi data dan keamanan perjalanan, seluruh penumpang WNI wajib mengisi data diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), termasuk bagi penumpang infant. Sementara itu, untuk penumpang WNA, wajib mengisi data dengan nomor identitas yang tercantum dalam paspor.
Beli Tiket Kereta dengan Tarif Khusus
Aplikasi Access by KAI juga kini mendukung pembelian tiket dengan tarif khusus/go show, yang bisa dilakukan mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api, selama tempat duduk masih tersedia. Hal ini memberikan alternatif menarik bagi pelanggan yang ingin bepergian secara lebih hemat.
Berikut syarat dan ketentuan untuk perubahan jadwal (rescheduke) tiket kereta api.